we are spandawa familly

Welcome Home Spandawa Familly !
silahkan login bagi yg sudah register
bagi yg blum, silahkan register kmudian perkenalkan diri anda
terima kasih.

::[ we are Spandawa Familly ]::

    bahaya pemakaian cooling pad

    Share

    db rendra
    founder | db staff
    founder | db staff

    Posts : 359
    Join date : 2010-06-12
    Age : 26

    bahaya pemakaian cooling pad

    Post by db rendra on Tue Jul 13, 2010 10:34 am

    artikel copas dari kaskus,soalnya mungkin disni dibtuhkan dan bnyak yg belum tw ! big grin

    Banyak halangan, salah satunya karena laptop saya tidak mau hidup alias MATI TOTAL! Bahkan bios pun tak tampak. Penyebabnya? Yah, lihatlah judul artikel ini. Laptop saya ngadat, percaya tidak percaya, disebabkan (salah satunya) oleh kipas pendingin.

    Ada beberapa fakta yang harus kita sadari tentang laptop, antara lain:

    Laptop dibuat untuk tempat bekerja sedikit elite, ber-AC, bebas debu, jauh dari kesan kamar kos panas dan pengap.
    Sebuah laptop telah dirancang dengan sistem sirkulasi udara. Fungsinya mengalirkan panas keluar dari mesin.
    Sebagaimana alat elektronik lain, laptop sangat benci situasi panas.
    Lalu, apa dosa dari sebuah cooler pad???

    Hmm....
    Sebenarnya ini kesalahan saya sendiri, mengapa dulu membeli kipas pendingin laptop yang murah. Jika anda berniat membelinya, pastikan bahwa udara yang disemburkan bukan mengarah ke atas, bukan meniup laptop.

    Mengapa?
    Sederhana saja. Laptop alami membuang udara panas keluar, biasanya kebawah atau kebelakang. Anda akan merasakan semburan udara panas di tempat-tempat itu. Pendingin yang baik akan menarik udara panas dari laptop dan bukan meniupnya dengan angin, meskipun akan menjadi dingin.

    Pada laptop saya, kipas pendingin ternyata mengganggu aliran normal dari panas laptop, menyemburkan angin keatas, sehingga debu banyak menempel di papan sirkuit. Akibatnya VGA kepanasan, rusak, dan harus diganti.

    Bagaimana mencegahnya?
    Selalu pastikan aliran panas laptop. Jangan meletakkannya diatas kasur, karena kasur empuk akan menghambat sirkulasi. (rasakan kasur jadi hangat)
    Ganjal bagian belakang laptop, agar panas bebas mengalir keluar.
    Membeli pendingin yang baik (biasanya agak menguras kantong)
    Nah, demikianlah yang dapat saya ceritakan.....
    semoga bermanfaat...


    gak perlu yang mahal.... karena kere harus aktif, jadinya kereaktif
    yang murah juga bisa dibuat niup ke bawah kok gan, tinggal pinter2 nya aja nge-trik..... kan kipas nya di baut tuh, buka aja trus dibalik...... jadi deh kipas nya nyedot.... ane dah bikin kipasnya kebalik tuh


    nice info gan...

    ane juga beli cooling pad gan,,,

    tapi untungnya notebook ane buang saluran panasnya dari samping,,

    n cooling pad ane ... ane modif sedikit, ane balik aja kipasnya,, supaya dia jadi ngisap,,, gak niup ,,,

    punya ane udah rusak gan... gara2 adek ane gan.. tp utg agan kasih tw ni inpo..

    cman bwt nambahin dkit gan...

    setahu ane y gan.. kalo kita maen laptop. jgn di letakkan di tempat sprti ini: kasur, bantal, di pangku (ditarok di paha), kalo ane, ane letakkan di atas meja belajar yg dari kayu... jd aman2 aja tu gan...


    cooling pad yg bagusan di atas 200rb,..mesti ada alumuniumnya jg biar jadi penghantar panas


    bener tuh gan.... yah klo orang2 awam si taunya laptopnya dikipasin biar adem padahal malah bikin sirkulasinya ngga bener..... info yang bagus gan....


    sebenarnya tidak pasti karena cooling pad laptop lo rusak. tetapi memang bisa dipastikan cooling pad jadi akseleratornya

    ada beberapa kemungkinan yang harus diwaspadai.

    1. notebook/laptop/netbook bukanlah pengganti PC yang bisa standby menyala terus menerus berjam-jam setiap hari. kalau mau bilang bisa ya memang bisa. tapi kan laptop itu PC yang mobile. yang menyala hanya pada saat-saat tertentu saja. kalau mau pakai notebook untuk pengganti PC, ya beli PORTABLE PC seperti qosmio dan notebook2 besar lainnya. mereka memang di desain sebagai pengganti PC.

    2. shutdown. mematikan notebook dengan baik dan benar adalah sangat2 penting. anggap saja itu waktu tidurnya mereka tapiiii... kalau mereka tidur bangun tidur bangun dalam waktu yang berdekatan, ya lumayan juga kan? bayangin aja kalau lo tidur bangun tidur bangun dengan sela 30-60 menit teruuusss aja gitu seharian. apa yang kejadian? analoginya mirip untuk notebook

    3. memang benar cooling pad yang bagus itu menghisap udara panas, bukan menyemburkan udara dingin

    yaaa gitu aja deh komen gue nice thread btw, seneng liatnya gak ada yang pertamax2an. cendol meluncur sob


    pantesan waktu itu ane ke JCC liat cooling pad mahal banget 200 ribu. padahal kalo di toko biasa 35 ribu. mungkin ini salah satu alesannya kali ya.
    nice info gan


    bener tuh gan.... yah klo orang2 awam si taunya laptopnya dikipasin biar adem padahal malah bikin sirkulasinya ngga bener..... info yang bagus gan...


    Emang sirkulasi angin yg bener tuh mengeluarkan panas dr laptop bkn meniup laptop.


    Se-sotoy gw ni gan, klo pake kibot protektor jg bs menambah peningkatan suhu laptop soalnya panas dari hardware jg keluar dari sela2 kibot jadi kalo ditutup pake kibot protektor panasnya ga keluar tambah lagi di tiup keatas pake kulingped hawa panasnya susah keluar


    yup jgn sampe salah beli cooling pad..

    rata" cooling pad yg bagus itu bahan nya dari aluminium gan jd bisa menyerap panas.. trs aliran angin dari kipas buat penyeimbang udara saat menyerap panas..

    original posted : ► here

      Current date/time is Thu Dec 08, 2016 9:04 am